1. PENDAHULUAN
Dalam era globalisasi seperti
sekarang ini, perkembangan dan sistem
perekonomian semakin
maju, hal ini mengakibatkan persaingan semakin ketat
antara perusahaan yang
satu dengan perusahaan yang lainnya yang
memproduksi produk
sejenis. Untuk itu suatu organisasi atau perusahaan
diharapkan untuk selalu
melakukan hubungan baik dengan masyarakat
konsumen terutama
pelanggan. Dalam hal ini sangatlah penting karena sukses
tidaknya suatu
perusahaan sangat tergantung pada bagaimana perusahaan
tersebut mengelola
hubungan baik dengan konsumennya, karena opini yang
diberikan masyarakat
juga dapat mempengaruhi kebijakan perusahaan.
Dengan banyaknya
persaingan baru dalam dunia usaha, maka perusahaan
dituntut untuk
mengikuti persaingan dengan memperbaiki kinerjanya dan
mendorong munculnya
strategi-strategi baru.
Banyaknya pelajar yang berdatangan telah
menciptakan identitas kota
Yogyakarta sebagai kota
pelajar. Keadaan ini secara tidak langsung
memberikan dampak pada
struktur kehidupan masyarakatnya. Baik itu di
bidang ekonomi, sosial
maupun budaya. Salah satu dari dampak tersebut
adalah menjadikan kota
Yogyakarta sebagai pusat fashion anak muda. Dapat
dilihat dari
perkembangan industri kreatif di bidang fashion yang bernama
clothing. dikenal dengan ”Distro” (Distribution
Store atau Distribution Outlet)
dijadikan sebagai lahan basah bagi para
kreator-kreator muda di Yogyakarta.
Distro diartikan sebagai tempat atau
toko yang berfungsi untuk menjual dan
menerima titipan dari berbagai macam
merek clothing company lokal yang
memproduksi produknya sendiri.
Melihat saat ini di sepanjang jalan kota Yogyakarta dapat dengan mudah kitajumpai distro, bahkan mereka hadir di setiap sudut kota dengan berbagaimacam produk pakaian yang dibutuhkan remaja dari ujung kaki hingga ujungkepala. Sehingga dapat dikatakan bahwa usaha distro clothing saat inimemiliki potensi bisnis yang besar.Salah satunya adalah NIMCO, distro clothing yang berdiri sejak tahun2006 yang bertempat di Jl. Mataram No.90 dan kini sudah membuka cabangdi Jl. Cendrawasih No.25B Demangan Baru Yogyakarta. NIMCO DistroClothing Company sendiri merupakan sebuah organisasi profit yang bergerakdalam bidang produks maupun penjualan kebutuhan sandang khususnyaproduk-produk distro. Rumusan masalah
Melihat saat ini di sepanjang jalan kota Yogyakarta dapat dengan mudah kitajumpai distro, bahkan mereka hadir di setiap sudut kota dengan berbagaimacam produk pakaian yang dibutuhkan remaja dari ujung kaki hingga ujungkepala. Sehingga dapat dikatakan bahwa usaha distro clothing saat inimemiliki potensi bisnis yang besar.Salah satunya adalah NIMCO, distro clothing yang berdiri sejak tahun2006 yang bertempat di Jl. Mataram No.90 dan kini sudah membuka cabangdi Jl. Cendrawasih No.25B Demangan Baru Yogyakarta. NIMCO DistroClothing Company sendiri merupakan sebuah organisasi profit yang bergerakdalam bidang produks maupun penjualan kebutuhan sandang khususnyaproduk-produk distro. Rumusan masalah
Dari latar belang di atas, yang menjadi pokok
permasalahan dari penelitian ini yaitu Bagaimana persepsi dari pelanggan
terhadap produk yang di tawarkan oleh distro NIMCO.
2.
Tujuan penelitian
Untuk mengetahui bagaimana persepsi dari pelanggan terhadap produk yang
ditawarkan oleh distro tersebut didalam kuesioner tersebut menunjukan bahwa
adanya kelas sosial sosial dalam penelitian ini. Seperti halnya dalam
lifestyle konsep ini telah di pakai
dalam beberapa pengertian. Dalam sosiologi inggris mengenai stratifikasi pada
era 1960-1970an mengkaji perbedaan dalam kelompok sosial, pola-pola sosial, tentang
konsumsi barang-barang material untuk membentuk sebuah kelas sosial.
3.
Manfaat penelitian
Penelitian
ini bermanfaat bagi perusahaan fhasion yang membuka toko distro untuk
kepentingan peningkatan sekaligus evaluasi terhadap produk sehingga dapat
menarik para konsumen memilih produk yang di berikan oleh distro.
4.
Metode penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Peneliti
menyebarkan kuisoner kepada responden sebanyak 50 orang dan diolah menggunakan
data spss.
5.
Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan selama tiga hari 13-15 april 2015. Lokasi
penelitian di daerah Jl. Cendrawasih No.25B Demangan Baru Yogyakarta.
6.
Kajian Pustaka
Kepuasan
pelanggan
Menurut Kotler dan Keller (2007:238),
kepuasan pelanggan (customer satisfaction) diartikan sebagai fungsi dari
seberapa sesuainya harapan pembeli produk dengan kinerja yang dipikirkan
pembeli atas produk tersebut. Westbrook dan Reilly juga memberikan definisi
atau pengertian kepuasan pelanggan (customer satisfaction) sebagai
respons emosional terhadap pengalaman-pengalaman berkaitan dengan produk atau
jasa tertentu yang dibeli, gerai ritel, atau bahkan pola perilaku (seperti
perilaku berbelanja dan perilaku pembeli), serta pasar secara keseluruhan
(dalam Fandy Tjiptono 2008:349). Menurut
Philp Kotler dan Kevin Lane Keller kepuasan konsumen adalah perasaan senang
atau kecewa seseporang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk
yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan (2007:177), promosi
penjualan adalah inseftif jangka pendek untuk mendorong percobaan atau
pembelian terhadap barang dan jasa.Promosi penjualan mencangkup kiat untuk
promosi konsumen (sampel,kupon, premi, hadiah dan lainnya). Menurut Swastha dan
Sukotjo(1993: 124).
Kelas
sosial
kelas sosial adalah pembagian kelas
dalam masyarakat berdasarkan kriteria tertentu baik menurut
agama,pendidikan,status ekonomi keturunan dan lain-lain.menirut pitrim a.sorokin yang dimaksu kelas
sosial adalah pembedaan penduduk atau masyarakat kedalam kelas-kelas secara
bertingkat. Adapun beberapa kharakteristik dari kelas sosial, pertama:orang
yang berada didalam masing-masing kelas cenderung mempunyai kemiripan dalam
berpakaian kedua:orang dianggap memiliki kedudukan tinggi dan kedudukan rendah
didalam kelas sosial, ketiga: misalnya tingkat pendidikan, pekerjaan,
pendapatan, pengeluaran seta gaya hidup.
7.
Analisis
Dari grafik di atas diperoleh data jumlah
50 responden pengunjung distro NIMCO berdasarkan jenis kelamin laki-laki
sebanyak 40%, sedangkan responden berjenis kelamin perempuan sebanyak 60%.
Dari
grafik di atas diperoleh data jumlah 50 responden dari jenis pekerjaan
pengunjung distro NIMCO untuk pelajar/mahasiswa sebanyak 50%,pegawai swasta 30%,
buruh 20%, pegawai negeri 0%.
Dari
grafik di atas, dalam pengeluaran per bulan dari pengunjung yang datang ke
distro NIMCO 750ribu-1 juta sebanyak 30%, 1juta-1.500 ribu sebanyak 18%, 1.500
ribu-2 juta sebanyak 32%, sedangkan yang pengeluaran perbulan > dari 2 juta.
Dari
grafik di atas, berapa kali anda berkunjung ke distro NIMCO yang berkunjung 1
kali sebanyak 14%, 2-3 kali sebanyak 30%,4-5 kali sebanyak 40%, sedangkan
>dari 5 kali sebanyak 16%.
Dari
grafik diatas, jumlah 50 responden jenis pakaian yang sering dibeli dalam satu bulan
dalm pembelian kaos sebanyak 17%, kemeja sebanyak 25%, jaket/sweter sebanyak
17%, celana 27%, dompet sebanyak 7%,sedangkan ikat pinggang sebanyak 7%.
Dari
grafik diatas, berjumlah 50 responden untuk jumlah pakaian yang dibeli dalam
satu bulan yang membeli 1 pcs sebanyak 0%, 2-3pcs sebanyak 20%,4-5pcs sebanyak
38%,sedangkan > dari 5 pcs sebanyak 42%.
Dari
grafik diatas,jumlah 50 responden pelayanan yang diberikan kepada pihak distro
NIMCO yang memberikan sangat puas sebanyak 16%, cukup puas sebanyak 24%, puas
sebanyak36%, sedangkan yang kurang puas sebanyak 24%.
Dari
grafik diatas, jumlah 50 responden alasan merekan datang ke distro tersebut
dipengaruhi teman sebanyak 38%, mencari dari internet sebanyak 20%, harga
sebanyak 22%, produk sebanyak 20% sedangkan citra/reputasi 0%.
Dari
grafik diatas, jumlah 50 responden jika ada distro baru yang memberikan produk
yang sama apakah anda tetap memilih produk yang diberikan oleh distro NIMCO
yang memilih ya sebanyak 70% sedangkan yang memilih tidak sebanyak 30 .
Kesimpulan
Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa konsumen perilaku
konsumen dalam memilih produk distro nimco di
yogyakarta berdasarkan jenis kelamin banyak di dominasi oleh perempuan.
Faktor yang mempengaruhi responden dalam
memilih toko distro NIMCO adalah dalam kualitas pelayanan yang diberikan oleh
responden adalah cukup puas. Alasan mereka memilih distro tersebut dipengaruhi
oleh harga dan jika ada distro-distro lain memberikan barang yang sama maka
akan pergi ke distro tersebut atau tetap memilih produk ddari distro NIMCO
tersebut yang paling banyak Ya adalah 70%.
Daftar pustaka
william G. Zikmund dan
barry J.babin,exploring maketing
research, menjelajahi riset pemasaran, Edisi 10 Buku 1
albercimbie
nicholas,hill stephen dan turner bryan s. 2010. “Kamus sosiologi”
Philp Kotler dan Kevin
Lane Keller kepuasan konsumen (2007:177)
Kotler dan Keller
(2007:238), kepuasan pelanggan (customer satisfaction)
promosi penjualan Swastha dan
Sukotjo(1993: 124).
http://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/download/2040/1411DWIANTO (131005083)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar