Selasa, 31 Maret 2015

TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MERK PASTA GIGI PEPSODENT DI SEKITAR DESA TIMBUL REJO



1.      Latar Belakang
  Semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis saat ini membuat perusahaan  saling bersaing dalam menawarkan keunggulan produknya masing-masing. Selain itu  konsumen semakin selektif dalam memilih sebuah barang yang mereka butuhkan,oleh karena itu perusahaan harus bisa memenuhi kepuasan konsumen dan produknya mampu bersaing dengan cara menerapkan pemasaran yang efektif dan efesien.
  Menurut kotler dan amstrong kepuasan konsumen adalah sejauh mana anggapan kinerja produk lebih rendah ketimbang harapan pelanggan , maka pembelinya merasa puas pelanggan  merasa puas kalau harapan mereka terpenuhi. Sedangkan menurut fandy tjiptono (2005:134) kepuasan konsumen tercapai bila kebutuhan keinginan dan harapan pelanggan terpenuhi,maka kepuasan konsumen telah tercipta.

  Seperti perusahaan produk pasta gigi Pepsodent dalam menawarkan produknya untuk memberikan kepuasan  kepada para konsumen  yang membutukan produk mereka di sekitar desa Timbul Rejo untuk memilih pasta gigi Pepsodent tersebut. Di saat ini penggunaan pasta gigi dikalangan masyarakat  sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, dan penggunaan pasta gigi sendiri bervariasi berbagai merk pun ada di semua toko atau mini market.
2.      Rumusan Masalah
Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui gambaran mengenai penggunaan merek pasta gigi pepsodent yang digunakan di kalangan  masyarakat di sekitar desa Timbul Rejo. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan merek pasta gigi Pepsodent tersebut dan variabel yang di gunakan adalah  jenis kelamin.
3.      Tujuan Penelitian
Ingin mengetahui konsumen yang  memilih merek pasta gigi pepsodent berada di kalangan masyarakat di sekitar desa Timbul Rejo Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman.
4.      Metode Penelitian
   Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode penelitian kualitatif. Peneliti menyebarkan kuisoner kepada responden  sebanyak 40orang. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan  dianalisis menggunakan  program SPSS.



5.      Analisis.



Dari data diatas tingkat kepuasan dalam memilih merek pasta gigi pepsodent dari laki-laki kebanyakan mereka puas dalam  memilih produk tersebut sama halnya perempuan juga puas dalam memilih produk tersebut. Laki-laki berjumlah 15orang dan perempuan berjumlah 13 orang sedangkan yang merasa tidak puas Laki-laki berjumlah 5 orang dan perempuan berjumlah 7 orang.



   Berdasarkan data diatas, faktor yang mempengaruhi konsumen dalam  memilih merek pasta gigi tersebut laki-laki dan perempuan dipengaruhi oleh faktor  harga di sekitar desa timbul rejo. Laki-laki berjumlah 16 orang dan perempuan berjumlah 13 sedangkan yang tidak dipengaruhi faktor harga Laki-laki berjumlah  4 orang dan perempuan berjumlah 7 orang.


6.      Kesimpulan
   Dari keseluruhan data di atas, dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan kosumen dalam  memilih merek pasta gigi pepsodent disekitar desa timbul rejo, laki-laki dan perempuan marasa  puas dalam  memilih produk tersebut dan sedikitnya juga ada yang mersa tidak puas dalam memilih produk. Sedangkan dalam faktor harga dari konsumen  laki-laki dan perempuan juga dapat mempengaruhi memilih pasta gigi pepsodent dan dari konsumen  laki-laki dan perempuan ada juga tidak dipengaruhi faktor harga.
            Referensi
            Kotler dan amstrong
            Fandy tjiptono (2005:134)

                                                                                    Dwianto Februantoni, 131005083

Tidak ada komentar:

Posting Komentar