Kamis, 09 April 2015

ANALISA CUSTOMER EXPERIENCE RUMAH MAKAN MRIKI



ANALISA CUSTOMER EXPERIENCE RUMAH MAKAN MRIKI
  1. Pendahuluan
Perkembangan teknologi saat ini mempengaruhi pengetahuan konsumen yang semakin cerdas dalam memilih barang atau jasa yang akan dikonsumsi. Hal tersebut menyebabkan persaingan antara perusahaaan dalam mencari konsumen, bahkan menjadikan konsumen tersebut sebgai pelanggan produk yang mereka hasilkan.
Perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat untuk mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini (Engel et al  ; Simamora (2008, pl). Customer Experience Management menyatakan bahwa titik-titik persentuhan pelanggan atau konsumen dengan merek adalah bagian dari strategi implementasi yang penting bagi perusahaan yang ingin menciptakan kepuasan pelanggan dan loyalitas yang tinggi. Menurut dia, pelanggan berinteraksi dengan perusahaan bisa dengan berbagai elemen, yang meliputi elemen statis atau dinamis (Customer Experience Management ; Bernd Schmitt).
Rumah makan Mriki merupakan rumah makan yang terletak di Kompleks Dirgantara 2, Babarsari. Rumah makan ini memiliki daya Tarik tersendiri karena harga makanannya yang murah dan bersih.
  1. Tujuan penelitian
Megetahui daya dan mengkaji pengalaman costumer Rumah makan Mriki sehingga menjadi pelanggan  mriki.
  1. Metode penelitian
Menggunakan metode deskriptif kualitatif, data didapat melalui metode waawancara.
  1. Identitas narasumber:
Nama : Adora Cyril Odelia
Alamat : Dirgantara 2, no. 09
Alasan memilih Odelia sebagai narasumber karena kunjungan yang dilakukan Odelia ke Mriki setiap hari.
Hasil wawancara :
Odelia mengetahui rumah makan Mriki karena dekat dengan kos tempat ia tinggal. Harga yang ditawarkan mriki menjadi salah satu faktor yang membuat Odelia setiap hari menyempatkan diri makan di Mriki. Makanan di Mriki berupa paket-paket, dimana terdapat 4 paket makanan, yang semuanya seharga Rp. 5000, dari hasil wawancara Odelia mengaku sering sebenarnya kecewa dengan rumah makan langganannnya, karena porsinya sangat sedikit.
Alasan lain Odelia memilih Mriki sebagai tempat makan langganannya karena kebersihan di Rumah makan Mriki yang jika dilihat cukup bersih, sehingga dia senang mengkonsumsi makanan yang ada di Mriki. Hal unik yang ada di Mriki menurut Odelia, dimana rumah makan sesederhana itu memiliki banyak pegawai dan mereka terbagi-bagi tugasnya, jadi tidak semua orang bisa melayani konsumen, ada orang-orang tertentu yang bisa melayani konsumen.Tidak banyak fasilitas yang disediakan Mriki, namun pelayanan dan kebrsihan temaot disana membuat Odelia puas dan mengunjungi Mriki setiap hari.

Kesimpulan :
Dari hasil wawancara, dapat dilihat bahwa faktor harga di Mriki menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen, dimana sudah jarang tempat makan yang menyediakan makanan dengan harga mulai dari Rp. 5000, namun Mriki berani memulai dengan harga Rp. 5000. Banyak tempat makan yang tidak memperhatikan kebersihan, namun di Mriki kebersihan sangat diperhatikan dan itu juga salah satu cara menarik perhatian konsumen dan membuat konsumen percaya bahwa apa yang dikonsumsi merupakan sesuatu yang bersih.
 oleh : M.Dewi Suryati/131004888

Tidak ada komentar:

Posting Komentar