ANALISA CUSTOMER EXPERIENCE RUMAH MAKAN MRIKI
- Pendahuluan
Perkembangan teknologi saat ini mempengaruhi
pengetahuan konsumen yang semakin cerdas dalam memilih barang atau jasa yang
akan dikonsumsi. Hal tersebut menyebabkan persaingan antara perusahaaan dalam
mencari konsumen, bahkan menjadikan konsumen tersebut sebgai pelanggan produk
yang mereka hasilkan.
Perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung
terlibat untuk mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa,
termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini (Engel et
al ; Simamora (2008, pl). Customer Experience
Management menyatakan bahwa titik-titik
persentuhan pelanggan atau konsumen dengan merek adalah bagian dari strategi
implementasi yang penting bagi perusahaan yang ingin menciptakan kepuasan
pelanggan dan loyalitas yang tinggi. Menurut dia, pelanggan berinteraksi dengan
perusahaan bisa dengan berbagai elemen, yang meliputi elemen statis atau
dinamis (Customer Experience Management ; Bernd Schmitt).
Rumah
makan Mriki merupakan rumah makan yang terletak di Kompleks Dirgantara 2,
Babarsari. Rumah makan ini memiliki daya Tarik tersendiri karena harga
makanannya yang murah dan bersih.
- Tujuan penelitian
Megetahui
daya dan mengkaji pengalaman costumer Rumah makan Mriki sehingga
menjadi pelanggan mriki.
- Metode penelitian
Menggunakan metode deskriptif kualitatif, data didapat melalui metode
waawancara.
- Identitas narasumber:
Nama
: Adora Cyril Odelia
Alamat
: Dirgantara 2, no. 09
Alasan
memilih Odelia sebagai narasumber karena kunjungan yang dilakukan Odelia ke
Mriki setiap hari.
Hasil
wawancara :
Odelia mengetahui rumah makan Mriki karena dekat dengan
kos tempat ia tinggal. Harga yang ditawarkan mriki menjadi salah satu faktor
yang membuat Odelia setiap hari menyempatkan diri makan di Mriki. Makanan di
Mriki berupa paket-paket, dimana terdapat 4 paket makanan, yang semuanya
seharga Rp. 5000, dari hasil wawancara Odelia mengaku sering sebenarnya kecewa
dengan rumah makan langganannnya, karena porsinya sangat sedikit.
Alasan lain Odelia memilih Mriki sebagai tempat makan
langganannya karena kebersihan di Rumah makan Mriki yang jika dilihat cukup
bersih, sehingga dia senang mengkonsumsi makanan yang ada di Mriki. Hal unik
yang ada di Mriki menurut Odelia, dimana rumah makan sesederhana itu memiliki
banyak pegawai dan mereka terbagi-bagi tugasnya, jadi tidak semua orang bisa
melayani konsumen, ada orang-orang tertentu yang bisa melayani konsumen.Tidak
banyak fasilitas yang disediakan Mriki, namun pelayanan dan kebrsihan temaot
disana membuat Odelia puas dan mengunjungi Mriki setiap hari.
Kesimpulan
:
Dari
hasil wawancara, dapat dilihat bahwa faktor harga di Mriki menjadi daya tarik
tersendiri bagi konsumen, dimana sudah jarang tempat makan yang menyediakan
makanan dengan harga mulai dari Rp. 5000, namun Mriki berani memulai dengan
harga Rp. 5000. Banyak tempat makan yang tidak memperhatikan kebersihan, namun
di Mriki kebersihan sangat diperhatikan dan itu juga salah satu cara menarik
perhatian konsumen dan membuat konsumen percaya bahwa apa yang dikonsumsi
merupakan sesuatu yang bersih.
oleh : M.Dewi Suryati/131004888
Tidak ada komentar:
Posting Komentar