A.
Introduksi
Seiring perkembangan zaman, semakin
menuntut pembisnis untuk meningkatkan potensinnya dalam berbisnis, bukan hanya
dalam aspek invovasi produk tetapi perlu juga mempertimbangkan pentingnya
strategi pemasaran. Strategi pemasaran merupakan salah satu instrumen penting
dalam menunjang keberhasilan bisnis, sebab salah satu peran strategi pemasaran
yaitu untuk menarik minat konsumen dalm membeli produk yang ditawarkan,
sehingga inovasi juga perlu diberlakukan kepada strategi pemasaran. Strategi
pemasaran adalah pola pikir pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan
pemasarannya. Strategi pemasaran berisi strategi spesifik untuk pasar sasaran,
penetapan posisi, bauran pemasaran dan besarnya pengeluaran pemasaran (Kotler,
2004:81). Sedangkan menurut Tjiptono (2006:6), strategi pemasaran adalah adalah
alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai perusahaan dengan mengembangkan
keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan
program pemasaran yang digunakan untuk melayani sasaran pelayanan tersebut.
Penerapan strategi pemasaran pada
dasarnya tidak hanya diterapkan oleh bidang bisnis modern atau
perusahaan-perusahaan yang telah berkembang pesat saja, tetapi strategi
pemasaran juga bisa diterapkan di dalam lingkup UKM, misalnya pada pedagang di
pasar tradisional, warung, toko, mini market dan sebagainya. Di dalam
penelitian ini, peneliti mengambil fokus kepada penerapan strategi pemasaran
terhadap pedagang di pasar tradisional. Menurut Belshaw (dalam Suprapto, 1988),
pasar tradisional adalah tempat yang mempunyai unsur-unsur sosial, ekonomis,
kebudayaan, politis dan lain-lain, tempat pembeli dan penjual (atau penukar
tipe lain) saling bertemu untuk mengadakan tukar-menukar barang. Pedagang pasar
tradisional yang akan menjadi subjek dari penelitian ini adalah pedagang batu
akik di pasar Klithikan yang berada di kota Yogyakarta.
B.
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui bentuk dari strategi pemasaran yang digunakan oleh pedagang batu
akik dalam memasarkan produknya di tengah banyaknya jumlah pedagang batu akik
di pasar Klithikan.
C.
Rumusan Masalah
Bagaimana strategi pemasaran yang
digunakan oleh pedagang batu akik dalam memasarkan produknya di tengah
banyaknya jumlah pedagang batu akik di pasar Klithikan?
D.
Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan yaitu
metode penelitian kualitatif, yaitu dimana data yang dikumpulkan terkait
strategi pemasaran yang digunakan diperoleh dengan teknik wawancara. Narasumber
yang diwawancarai yaitu empat orang pedagang batu akik yang ada di pasar
Klithikan.
E.
Waktu & Tempat Pelaksaan
Penelitian
Hari
Minggu, 30 Mei 2015, 14.00 – 16.00 WIB. Pasar Klithikan, Jl. HOS Cokroaminoto No.34, Kuncen, Yogyakarta.
F.
Pokok Pembahasan
Berdasarkan data yang diperoleh dari
wawancara yang dilakukan kepada empat narasumber yaitu pedagang batu akik di pasar Klithikan,
dari empat narasumber, tiga narasumber menjelaskan bahwa tidak ada strategi
khusus yang mreka gunakan dalam memasarkan produknya, dalam memasarkan
produknya agar konsumen tertarik, mereka menjelaskan tentang asal daerah dari
suatu jenis batu akik yang ditanyakan oleh konsumen maupun asal nama dari batu
akik itu sendiri.
Namun, satu dari empat responden
menggunakan strategi pemasaran yang terbilang unik, yaitu dimana dalam
memasarkan produknya ia tidak hanya menjelaskan asal nama mau pun asal daerah
dari batu akik tersebut, tetapi beliau menjelaskan jenis batu yang ditanyakan
oleh konsumen dengan menggunakan perspektif dan istilah-istilah geologi (ilmu
yang mengkaji tentang bebatuan). Selain itu, beliau juga menjelaskan bagaimana
proses suatu jenis batu akik dapat terbentuk. Misalnya, ia menjelaskan suatu
batu terbentuk memerlukan waktu jutaan tahun, semakin lama usia dari suatu jenis
batu terbentuk maka semakin meningkat pula nilai ekonomis dari batu tersebut.
Sehubungan dengan strategi pemasaran
yang dilakukan beliau, strategi tersebut terbilang cukup efektif. Peneliti sempat melakukan observasi singkat,
ditemukan bahwa jumlah konsumen yang tertarik dengan strategi pemasaran yang
dilakukan beliau lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan tiga narasumber
lainnya.
Kesimpulan
Berdasarkan penelitian
yang dilakukan di pasar Klithikan terkait strategi pemasaran yang digunakan pedagang
batu akik, dapat disimpulkan bahwa pada umumnya pedagang batu akik dalam
menarik minat konsumen, mereka akan berusaha menjelaskan kepada konsumen
tentang asal nama suatu batu dan asal daerah dari batu tersebut. Namun, tidak
cukup hanya dengan cara tersbut saja untuk menarik perhatian konsumen lebih
banyak. Agar dapat menarik banyak perhatian dari konsumen, perlu dilakukannya
inovasi dalam strategi pemasaran. Salah satunya dengan cara menjelaskan
berbagai aspek dari suatu produk dengan menggunakan perspektif dan
istilah-istilah dari ilmu yang mengkaji tentang produk yang dijual.
Gerry Gregorian
(131005142)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar