Laporan
Riset Pemasaran Persaingan Universitas dikota Yogyakarta dalam Penerimaan
Calon Mahasiswa Baru Terhadap Kelas Sosial
I. Pendahuluan
A.
Latar belakang
Pemasaran merupakan suatu proses sosial dan manajerial dimana indivisu
dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan saling
menciptakan sebuah penawaran dan saling bertukar suatu yang bernilai satu sama
lain. Dalam proses ini kedua belah pihak saling diuntungkan karena terjadi
sebuah kesepakatan. Penawaran yang ditawarkan bisa beraneka ragam diantaranya sandang,
pangan, papan, ataupun kebutuhan tambahan yang lainnya.
Manajerial pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan pelaksanaan
dari perwujudan, pemberian harga, promosi, dan distribusi dari barang-barang
maupun jasa dan gagasan unutuk menciptakan pertukaran dengan kelompok sasaran
yang memenuhi kebutuhan, tujuan pelanggan dan suatu organisasi yang dimana manajemen
pemasaran mempunyai tugas yaitu mempengaruhi tingkat, waktu dan komposisi
permintaan unutk membantu perusahaan mencapai sasarannya
Perusahaan memiliki wawasan terhadap pasar, diantaranya konsep
bberwawasan produksi, konsep berwawasan produk, konsep berwawasan menjual dan
konsep berwawasan pemasaran. Konsep berwawasan produksi berpendapat bahwa konsumen akkan memilih produk yang
mudah didapat dan memiliki harga yang murah. Perusahaan berkonsentrasi pada
efisiensi produksi yang tinggi dan cangkupan yang luas. Konsep berwawasan
produk berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk yang menawarkan mutu,
kinerja atau hal-hal inovatif lainnya. Perusahaan berkonsentrasi membuat produk
yang baik dan terus memperbaikinya. Konsep ini beranggapan bahwa konsumen akan
membeli barang yang baik, namun lupa menanyakan kebutuhan konsumen sebenarnya. Konsep
berwawasan menjual berpendapat bahwa jika konsumen dibiarkan saja, konsumen
tidak akan membeli produk dalam jumlah yang cukup. Perusahaan harus melakukan
penjualan dan promosi agresi.
Konsep berwawasan pemasaran berpendapat bahwa kunci unutk mencapai
tujuan perusahaan terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran
serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektifa dan efisien
dari pada pesaingnya. Ditahun-tahun ini, bisa dikatakan sebagai tahun bagi
persaingan universitas untuk menarik calon mahasiswa menjadi mahasiswa tetap
karena banyaknya jumlah mahasiswa yang masuk kesebuah universitas pada tahun
sebelumnya yaitu tahun 2014. Juga karena banyaknya universitas yang memberikan
pilihan kepada mahasiswa baru seperti jalur unggulan raport, unggulan rangking,
unggulan non akademik, potongan bagi yang memiliki saudara yang juga kuliah di
universitas yang sama dan lain sebagainya yang merupakan hasil inovasi dari
universitas.
Universitas Atma Jaya Yogyakarta merupakan salah satu diantara banyak
universitas di kota yogya yang menerapkan strategi ini. Universitas ini
memberikan potongan biaya masuk bagi calon mahasiswa yang memiliki saudara
kandung yang juga kuliah di universitas yang sama.
B. Tujuan
Riset pemasaran
Tujuan dari riset Persaingan Universitas Terhadap Penerimaan Calon Mahasiswa
Baru adalah :
1. Menegtahui
persaingan universitas terhadap kelas sosial
2. Mengetahui
alasan mahasiswa baru dalam memilih universitas.
I.
Perumusan Masalah
Permasalahan yang dianalisa dalam riset
pemasaran ini adalah menjawab pertanyaan “ Apakah dengan menerapkan sistem
pemotongan biaya masuk kepada calon mahasiswa yang memiliki saudara/i yang juga
kuliah di universitas yang sama mampu meningkatkan jumlah peminat (konsumen) ?
II.
Metode Riset
Metode yang digunakan dalam analisa
fenomena sosial ini adalah:
A.
Sumber Data
1.
Data primer
Merupakan data yang langsung
diambil dari sasaran penelitian (didapat dari sumber pertama) baik individu
maupun kelompk yaitu hasil kuesioner atau wawancara responden yang ada dikota Yogyakarta.
2.
Data Sekunder
Merupakan data primer yang telah diubah
dan disajikan dalam bentuk diagra./tabel dan digunakan penliti untuk diproses
lebih lanjut dan data yang berasal dari literatur/media baik cetak maupun
elektronik sepertibuku dan internet, dapat berupa dasar teori ataupun data-data
lain yang mendukung.
B.
Pengambilan Sampel
1.
Unit Pengambilan sampel
Sampel dari penelitian ini adalah responden
(konsumen) mahasiswa dikota yogyakarta.
2.
Ukuran Sampel
Banyaknya sampel yang dijadikan responden adalah
30 orang.
3.
Prosedur Pengambilan sampel
Sampel/responden diambil secara
acak, siapapun mahasiswa yang ada dikota yogyakarta, mempunyai peluang besar
unutk dijadikan responden.
C.
Pendekatan Riset
Pendekatan yang dilakukan oleh
peniliti adalah dengan melakukan survey di kampus Fakultas Ilmu Sosial dan
Politik Universitas Atma Jaya dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas
Pembangunan Nasional Yogyakarta.
D.
Instrument Riset
Instrument
yang digunakan untuk melakukan penelitian ini berupa kuesioner/angket, yaitu
cara pengumpulann data dengan memberikan atau menyebarkan daftar pertanyaan
kepada responden, dengan harapan responden akan memberika respon terhadap
pertanyaan tersebut. Daftar pertanyaan
bersifat tertutup, artinya alternatif jawaban telah disediakan dimana
setiap kuesioner/angket terdiri dari 6 pertanyaan.
III.
Waktu dan Tempat Riset
Penelitian ini dilaksanakan pada
hari Senin dan Selasa tanggal 13 dan 14 April 2015 pukul 08.30-10.00 WIB di
kampus Fisip Atma Jaya dan Fisip UPN yogyakarta.
IV.
Hasil dan Pembahasan
A. Hasil
penelitian
Tabel Hasil Analisa Data Riset Pemasaran
1. Nama
universitas tempat anda kuliah saat ini?
Jumlah
jawaban
|
||
Atmajaya
|
UPN
|
Abstain
|
22
|
8
|
-
|
Prosentase
= 72,6%
|
Prosentase
= 26,4%
|
-
|
2. Adakah
anda mendapat potongan pada saat pembayaran awal masuk kuliah?
Jumlah
jawaban
|
||
Ada
|
Tidak
ada
|
Abstain
|
20
|
10
|
-
|
Prosentase
= 66,5%
|
Prosentase
= 33,5%
|
-
|
3. Adakah
saudara/i kandung anda yang berkuliah (yang masih aktif) satu kampus dengan
anda?
Jumlah
jawaban
|
||
Ada
|
Tidak
ada
|
Abstain
|
22
|
8
|
-
|
Prosentase
= 72,6%
|
Prosentase
= 26,4%
|
-
|
4. Anda
membayar dengan angsuran maksimal atau minimal biaya masuk dalam universitas?
Jumlah
jawaban
|
||
Maksimal
|
Minimal
|
Abstain
|
27
|
3
|
-
|
Prosentase
= 89,1%
|
Prosentase
= 9,9 %
|
-
|
5. Apa
yang menarik dari universitas dimana anda berkuliah saat ini?
Jumlah
jawaban
|
||
Harga
|
Kualitas
|
Abstain
|
17
|
13
|
-
|
Prosentase
= 56,1%
|
Prosentase
= 42,9%
|
-
|
6. Apakah
anda membayar tagihan masuk kuliah lewat dari tenggang waktu pembayaran?
Jumlah
jawaban
|
||
Ya
|
Tidak
|
Abstain
|
26
|
4
|
-
|
Prosentase
= 85,8%
|
Prosentase
= 13,2%
|
-
|
B. Pembahasan
Pemasaran merupakan kegiatan tukar
menukar atau jual beli barang dan jasa baik dilakukan oleh individu atau
kelompok dalam waktu dan ditempat tertentu untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan.
Riset pemasaran merupakan kegiatan sistematis dalam rangka pengumpulan
informasi, pencaharian dan analisa data untuk mengidentifikasi suatu masalah
yang ada dalam perusahaan guna mengambil keputusan dan langkah selanjutnya
dalam rangka meningkatkan pangsa pasar melalui perbaikan kualitas baik dari
tingkat bahan baku, proses, pengendalian mutu, manajemen sampai produk akhir.
Dalam kegiatan
ini dilakukan riset tentang potongan pembayaran biaya masuk awal di universitas
kepada calon mahasiswa yang merupakan salah satu produk dari Universitas
Atma Jaya yogyakartaterhadap pangsa pasar atau nilai jual dari
universitas itu sendiri, apakah mendgkrak nilai jual atau sebaliknya, akan
menjatuhkan nilai jual.
Instrument yang
digunakan dalam riset ini adalah menggunakan kuesioner, dimana satu kuesioner
berisi 6 pertanyaan yang disebarkan kepada responden yang diambil secara acak
sejumlah 30 orang yang mewakili konseumen Fakultas FISIP Universitas Atma Jaya
dan Universitas Pembangunan Nasional di kota Yogyakarta.
Berdasarkan tabel,
diperoleh hasil analisa data riset pemasaran universitas atma jaya dan
universitas pembangunan nasional tersebut diketahui bahwa 72,6% responden memilih
kuliah di universitas atma jaya yang berstatus swasta dan 26,4% responden memilih
universitas pembangunan nasional yang berstatus negeri. Berdasarkan hasil
tersebut dapat dikatakan bahwa universitas atma jaya merupakan universitas
favorit dibandingkan pesaingnya yaitu universitas pembangunan nasional.
Dari pernyataan
tentang “Adakah anda mendapat potongan pada saat pembayaran awal masuk kuliah?”
diperoleh sebanyak 66,5% responden menmjawab mendapat potongan biaya masuk
universitas sisanya sebanyak 33,5% responden menjawab tidak mendapatkan
potongan biaya pembayaran masuk kuliah.
Dari pertanyaan
tentang “Adakah saudara/i kandung anda yang berkuliah (yang masih aktif) satu
kampus dengan anda?” diperoleh sebanyak 72,6% responden menjawab ada dan
sisanya sebanyak 26,4% responden menjawab tidak ada. Responden yang menjawab
ada merupakan warga asli daerah yogyakarta sedangkankan responden yang menjawab
tidak ada merupakan masyarakat pendatang yang berasla dari berbagai daerah.
Pada pertanyaan tentang
“Anda membayar dengan angsuran maksimal atau minimal biaya masuk dalam universitas?’
didapat sejumlah responden dengan persentase sebanyak 89,1% yang menjawab batas
maksimal dan sisanya sebanyak 9,9 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan
bahwa responden kebanyakan tergolong dari mahasiswa yang berstatus sosial
menengah kebawah dan hanya sedikit yang terdiri dari status sosial ekonomi
golongan keatas.
Dari dengan pertanyaan “Apa yang menarik dari
universitas dimana anda berkuliah saat ini?” sebanyak 56,1% responden menjawab
harga dan sebanyak 42,9% responden
menjawab kualitas. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa mahasiswa
masuk dalam universitas untuk melanjutkan pendidikan dikarenakan harga biaya
masuk yang ditetapkan oleh pihak kampus tanpa memikirkan akan kualitas (akreditasi)
prodi yang dipilih, sedangkan yang menjawab kualitas kampus dapat dikatakan
adalah mereka yang memiliki basic dari status sosial menengah keatas
dikarenakan mereka tidak mempersoalkan harga.
Berdasarkan pertanyaan “Apakah anda membayar tagihan
masuk kuliah lewat dari tenggang waktu pembayaran?” ada sebanyak 85,8%
responden menjwab ya dan sisanya sebanyak 13,2% responden yang menjawab tidak. Berdasarkan
hasil ini dapat dikatakan bahwa dengan persentase sebesar 85,8% cukup mewakili
atau menggambarkan gambaran status sosial
ekonomi keluarga mahasiswa.
V.
Kesimpulan
Dari hasil riset pasar dan analisa
data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Rata-
rata konsumen memilih universitas antara universitas atma jaya dan universitas
pembangunan nasional berlandaskan harga.
2. Pangsa
pasar tidak meningkat dengan adanya pemberian potongan biaya pembayaran masuk
bagi calon mahasiswa apabila memiliki saudara kandung yang masih aktif
berkuliah di universitas yang sama.
Daftar
pustaka
Umar,
Husein. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : Gramedia
Pustaka
Utama Kerjasama dengan Jakarta Business Research Center (JBRC).
Zikmund,
Babin. 2011. Menjelajahi riset pemasaran.
Jakarta : Salemba Empat
Nico
Krisna Dwicahyo (131004968)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar