Pendahuluan
Dalam
perkembangan dunia saat ini, banyak sekali perusahaan yang bermunculan dan
semuanya berkompetisi untuk menguasai pasar. Oleh karena itu, berbagai strategi
pun harus dilakukan sehingga bisa memperluas pangsa pasar dan mendapatkan
keuntungan. Strategi pemasaran yang dibuat oleh perusahaan ada yang dilakukan
secara langsung dan ada pula yang tidak langsung (media sosial). Kedua cara ini
tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Perusahaan perlu
membuat suatu pertimbangan yang matang dalam memasarkan produknya sehingga bisa
menarik minat konsumen.
Saat ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan
produknya kepada para konsumen. Pasar mobil bekas merupakan salah satu jenis
pasar yang menjual mobil bekas di Yogyakarta. Di tempat tersebut terdapat
berbagai macam merk mobil yang hendak dijual kepada konsumen. Temuan peneliti
di lapangan tentang merk mobil yang dijual yaitu: Toyota Yaris, Honda Jazz,
Toyota Innova, Suzuki, Honda Avanza dan Xenia. Fokus penelitian dari peneliti
adalah pada perilaku penjual dan pembeli terhadap produk yang ada. Peneliti
ingin mengkaji tentang alasan dari penjual memasarkan salah satu jenis mobil
dan juga mengkaji tentang alasan dari konsumen mengenai pemilihan produk
tersebut.
Metode
Penelitian
Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik yang
digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data adalah dengan wawancara.
Peneliti melakukan wawancara dengan penjual dan pembeli mobil bekas.
Waktu
dan Tempat Penelitian
Penelitian ini
dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2015 di Pasar Mobil Bekas, Jl. Magelang KM 5
Sindudadi.
Subyek
Penelitian
Subyek dari penelitian ini adalah: Mas Doni dan Pak Jhon
(Penjual Mobil Bekas) dan Ibu Sry dan Pak Oby (Pembeli Mobil Bekas)
Hasil
Penelitian
Berikut ini
adalah laporan jawaban dari informan terkait dengan perilaku mereka terhadap
produk mobil bekas. Secara umum, pertanyaan yang ditanyakan oleh peneliti
kepada informan bersifat menggali informasi tentang alasan yang mendorong para
informan menjual dan membeli mobil bekas.
1. Penjual Mobil Bekas
No
|
Nama Informan
|
Jawaban Informan
|
1
|
Mas
Doni
|
Saya terjun
dalam bisnis jual beli mobil bekas sejak tahun 2008. Dalam rentang waktu yang
cukup lama itu, saya seringkali memasarkan produk (mobil) bermerk Avanza dan
Xenia. Alasan saya karena kedua jenis mobil ini yang paling banyak dicari
oleh konsumen karena memiliki keunggulan, salah satunya adalah irit. Untuk
berkompetisi dengan pebisnis yang lain, strategi pemasaran yang saya lakukan
selama ini ada dua yaitu secara langsung dan secara tidak langsung (via
facebook dan BBM). Selain itu, saya memiliki banyak jaringan pertemanan yang
tersebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Saya memanfaatkan jaringan
pertemanan ini untuk memasarkan hasil produk (mobil bekas) kepada para
konsumen. Walaupun saya pernah mengalami banyak persoalan, salah satunya
adalah penipuan.
|
2
|
Pak
Jhon
|
Secara
keseluruhan, jenis mobil yang saya jual selama ini adalah mobil merk Avanza.
Mobil jenis ini yang seringkali banyak dipesan oleh pelanggan saya terutama
yang berada di Bali. Saya menjual mobil bekas di tempat ini sebagai salah
satu cara pemasaran yang saya gunakan untuk bisa menarik minat dari konsumen.
|
Sumber:
Hasil Wawancara 31 Mei 2015 di Pasar Mobil Bekas
2.
Pembeli
Mobil Bekas
No
|
Nama Informan
|
Jawaban Informan
|
1
|
Ibu
Sry
|
Kalau aku udah
dua kali beli mobil di pasar ini mas. Aku tertarik untuk membeli mobil di
sini karena ada banyak jenis mobil yang tersedia. Merk mobil yang pernah aku
beli di sini yakni Jazz dan Yaris.
Alasan aku memilih membeli mobil di sini karena ada proses negosiasi dengan
penjualnya. Selain itu alasan memilih merk mobil tersebut lebih karena faktor
kesenangan dan kesepakatan dengan suami dan anak-anakku. Awalnya aku
mengetahui tempat ini dari tetanggaku. Kebetulan mereka pernah membeli mobil.
Informasi yang mereka berikan cukup meyakinkan aku dan suamiku untuk membeli
mobil bekas di pasar ini.
|
2
|
Pak
Oby
|
Aku mengetahui
tempat penjualan mobil bekas ini lewat media sosial (facebook). Kebetulan aku
berencana untuk membeli mobil pick up untuk keperluan penjualan sayur serta
berbagai macam hasil perkebunanku di rumah. Mobil yang aku beli adalah mobil
bermerk suzuki. Alasan memilih merk tersebut karena harga yang ditawarkan
sesuai dengan kemampuanku. Selain harga juga ada faktor lain yaitu tahun
produksi. Mobil yang aku beli ini diproduksi pada tahun 2012.
|
Kesimpulan
Dari jawaban yang diberikan oleh informan, dapat
disimpulkan sebagai berikut:
a.
Baik penjual maupun pembeli memiliki
motivasi yang hampir sama memilih pasar mobil bekas untuk menjual dan membeli
mobil yaitu karena faktor keramaian
b.
Strategi pemasaran yang digunakan untuk
memasarkan produk adalah secara langsung dan tidak langsung (sosial media)
c.
Pembeli membeli mobil bekas lebih banyak
dipengaruhi oleh informasi dari teman dan juga harga yang kompetitif.
d.
Alasan memilih untuk menjual mobil
bermerk honda secara umum karena irit dan memiliki suku cadang yang banyak
terutama untuk keperluan reparasi.
Oleh: Epifanius Solanta
NPM: 131005077
Tidak ada komentar:
Posting Komentar