Selasa, 02 Juni 2015

LAPORAN PENELITIAN: PEMASARAN MOBIL BEKAS DI JL.MAGELANG KM 5 SINDUDADI

Pendahuluan
            Dalam perkembangan dunia saat ini, banyak sekali perusahaan yang bermunculan dan semuanya berkompetisi untuk menguasai pasar. Oleh karena itu, berbagai strategi pun harus dilakukan sehingga bisa memperluas pangsa pasar dan mendapatkan keuntungan. Strategi pemasaran yang dibuat oleh perusahaan ada yang dilakukan secara langsung dan ada pula yang tidak langsung (media sosial). Kedua cara ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Perusahaan perlu membuat suatu pertimbangan yang matang dalam memasarkan produknya sehingga bisa menarik minat konsumen.

            Saat ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan produknya kepada para konsumen. Pasar mobil bekas merupakan salah satu jenis pasar yang menjual mobil bekas di Yogyakarta. Di tempat tersebut terdapat berbagai macam merk mobil yang hendak dijual kepada konsumen. Temuan peneliti di lapangan tentang merk mobil yang dijual yaitu: Toyota Yaris, Honda Jazz, Toyota Innova, Suzuki, Honda Avanza dan Xenia. Fokus penelitian dari peneliti adalah pada perilaku penjual dan pembeli terhadap produk yang ada. Peneliti ingin mengkaji tentang alasan dari penjual memasarkan salah satu jenis mobil dan juga mengkaji tentang alasan dari konsumen mengenai pemilihan produk tersebut.
Metode Penelitian
            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data adalah dengan wawancara. Peneliti melakukan wawancara dengan penjual dan pembeli mobil bekas.
Waktu dan Tempat Penelitian
            Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2015 di Pasar Mobil Bekas, Jl. Magelang KM 5 Sindudadi.
Subyek Penelitian
            Subyek dari penelitian ini adalah: Mas Doni dan Pak Jhon (Penjual Mobil Bekas) dan Ibu Sry dan Pak Oby (Pembeli Mobil Bekas)
Hasil Penelitian
            Berikut ini adalah laporan jawaban dari informan terkait dengan perilaku mereka terhadap produk mobil bekas. Secara umum, pertanyaan yang ditanyakan oleh peneliti kepada informan bersifat menggali informasi tentang alasan yang mendorong para informan menjual dan membeli mobil bekas.

1.      Penjual Mobil Bekas
No
Nama Informan
Jawaban Informan
1
Mas Doni
Saya terjun dalam bisnis jual beli mobil bekas sejak tahun 2008. Dalam rentang waktu yang cukup lama itu, saya seringkali memasarkan produk (mobil) bermerk Avanza dan Xenia. Alasan saya karena kedua jenis mobil ini yang paling banyak dicari oleh konsumen karena memiliki keunggulan, salah satunya adalah irit. Untuk berkompetisi dengan pebisnis yang lain, strategi pemasaran yang saya lakukan selama ini ada dua yaitu secara langsung dan secara tidak langsung (via facebook dan BBM). Selain itu, saya memiliki banyak jaringan pertemanan yang tersebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Saya memanfaatkan jaringan pertemanan ini untuk memasarkan hasil produk (mobil bekas) kepada para konsumen. Walaupun saya pernah mengalami banyak persoalan, salah satunya adalah penipuan.
2
Pak Jhon
Secara keseluruhan, jenis mobil yang saya jual selama ini adalah mobil merk Avanza. Mobil jenis ini yang seringkali banyak dipesan oleh pelanggan saya terutama yang berada di Bali. Saya menjual mobil bekas di tempat ini sebagai salah satu cara pemasaran yang saya gunakan untuk bisa menarik minat dari konsumen.
Sumber: Hasil Wawancara 31 Mei 2015 di Pasar Mobil Bekas
2.      Pembeli Mobil Bekas
No
Nama Informan
Jawaban Informan
1
Ibu Sry
Kalau aku udah dua kali beli mobil di pasar ini mas. Aku tertarik untuk membeli mobil di sini karena ada banyak jenis mobil yang tersedia. Merk mobil yang pernah aku beli di sini yakni Jazz dan Yaris. Alasan aku memilih membeli mobil di sini karena ada proses negosiasi dengan penjualnya. Selain itu alasan memilih merk mobil tersebut lebih karena faktor kesenangan dan kesepakatan dengan suami dan anak-anakku. Awalnya aku mengetahui tempat ini dari tetanggaku. Kebetulan mereka pernah membeli mobil. Informasi yang mereka berikan cukup meyakinkan aku dan suamiku untuk membeli mobil bekas di pasar ini.
2
Pak Oby
Aku mengetahui tempat penjualan mobil bekas ini lewat media sosial (facebook). Kebetulan aku berencana untuk membeli mobil pick up untuk keperluan penjualan sayur serta berbagai macam hasil perkebunanku di rumah. Mobil yang aku beli adalah mobil bermerk suzuki. Alasan memilih merk tersebut karena harga yang ditawarkan sesuai dengan kemampuanku. Selain harga juga ada faktor lain yaitu tahun produksi. Mobil yang aku beli ini diproduksi pada tahun 2012.

Kesimpulan
            Dari jawaban yang diberikan oleh informan, dapat disimpulkan sebagai berikut:
a.       Baik penjual maupun pembeli memiliki motivasi yang hampir sama memilih pasar mobil bekas untuk menjual dan membeli mobil yaitu karena faktor keramaian
b.      Strategi pemasaran yang digunakan untuk memasarkan produk adalah secara langsung dan tidak langsung (sosial media)
c.       Pembeli membeli mobil bekas lebih banyak dipengaruhi oleh informasi dari teman dan juga harga yang kompetitif.

d.      Alasan memilih untuk menjual mobil bermerk honda secara umum karena irit dan memiliki suku cadang yang banyak terutama untuk keperluan reparasi.

Oleh: Epifanius Solanta
NPM: 131005077

Tidak ada komentar:

Posting Komentar