Minggu, 19 April 2015

Perilaku Konsumen Dalam Membeli Surat Kabar di Daerah Tambak Bayan dengan Pendekatan Kelas Sosial

Pendahuluan
Informasi merupakan salah satu kebutuhan penting yang harus dipenuhi oleh masyarakat. Hal ini mengingat bahwa setiap orang selalu berusaha untuk memahami dan mengetahui kondisi baik yang berada di lingkungannya maupun di luar lingkungannya. Salah satu sarana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah surat kabar. Saat ini, jumlah surat kabar sudah semakin banyak walaupun sarana informasi yang lain seperti handphone, televisi, radio dan internetjuga dapat mengakses informasi, tetapi masyarakat tetap saja membeli surat kabar.


Peningkatan volume surat kabar saat ini sangat besar. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya industri surat kabar yang tersebar hampir di seluruh daerah di Indonesia. Kondisi ini menggambarkan betapa pentingnya informasi dalam kehidupan manusia. Banyaknya surat kabar tentu saja akan menimbulkan persaingan yang sangat ketat terutama dalam mendapatkan konsumen. Oleh karena itu, berbagai cara pun dilakukan untuk bisa menguasai pasar, sehingga surat kabar yang diproduksi laku terjual. Perhatian dari perusahaan surat kabar terhadap Konsumen merupakan sesuatu yang sifatnya harus dan tidak dapat ditunda-tunda. Hal ini disebabkan karena masyarakat mencari surat kabar sesuai dengan apa yang mereka butuhkan dan apa yang menurut mereka baik.
Surat kabar yang menurut Konsumen dianggap kurang baik tentu saja akan mempengaruhi Konsumen untuk memutuskan diri beralih ke surat kabar yang lain. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi suatu perusahaan surat kabar untuk memahami perilaku Konsumen dengan mempelajari faktor-faktor apa yang mempengaruhi Konsumen dalam membeli surat kabar. 

Menyadari pentingnya hal di atas, peneliti melakukan penelitian di daerah Babarsari tentang perilaku konsumen dalam membeli surat kabar. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah faktor kelas sosial mempengaruhi konsumen dalam memilih jenis surat kabar? Faktor sosiokultural apa saja yang menjadi alasan ataupun pertimbangan dalam memutuskan untuk membeli surat kabar. Adapun surat kabar yang sudah ditentukan oleh peneliti yaitu Harian Jogja, Kedaulatan Rakyat, Bernas Jogja dan Kompas.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kelas sosial dalam memilih surat kabar dan menganalisis faktor-faktor sosiokultural yang menjadi alasan sekaligus pertimbangan oleh konsumen dalam membeli surat kabar.
Kajian Pustaka
Perilaku Konsumen
            Perilaku konsumen adalah tindakan yang terlibat secara langsung untuk mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk/jasa termasuk didalamnya proses keputusan yang mendahuluinya (Engel et al, 1994). Selanjutnya, menurut American Marketing Association (AMA) yang dikutip oleh Peter dan Olson (1996), mendefinisikan perilaku konsumen atau consumer behavior sebagai interaksi yang dinamis antara pengaruh dan kognitif, perilaku dan kejadian di sekitar manusia dimana mereka melakukan pertukaran.
            Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terdiri dari faktor budaya (cultural), sosial (social), pribadi (personal) dan psikologis (psychology). Faktor budaya terdiri dari budaya, subbudaya dan kelas sosial. Faktor sosial terdiri dari kelompok referensi, keluarga, peran dan status sosial. Karakteristik personal terdiri dari usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan, kondisi ekonomi, gaya hidup serta konsep diri. Sedangkan faktor psikologis terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap (Kotler, 2003).
Keputusan Pembelian
            Keputusan pembelian merupakan semua proses yang dilalui konsumen dalam mengenali masalah, mencari solusi, mengevaluasi alternatif dan memilih diantara pilihan-pilihan pembelian mereka (Mowen dan Minor, 2002). Menurut Kotler dan Keller (2009), pembelian konsumen dipengaruhi oleh faktor subbudaya yaitu sekelompok orang yang berbagi sistem nilai berdasarkan persamaan dan pengalaman hidup serta keadaan seperti kebangsaan, agama dan daerah (Kotler dan Amstrong, 2004).
            Selain itu juga ada pengaruh dari sikap orang lain, sejauh mana orang lain mengurangi alternatif yang disukai seseorang akan bergantung pada intensitas sikap negatif orang terhadap alternatif yang disukai dan motivasi konsumen untuk menuruti keinginan orang lain. Faktor yang lain juga yaitu pendapatan, keluarga, harga dan keuntungan dari produk tersebut.

Kelas Sosial
            Kelas sosial merupakan divisi yang relatif homogen dan bertahan lama dalam sebuah masyarakat, tersusun secara hierarki dan mempunyai anggota yang berbagi nilai, minat dan perilaku yang sama. Adapun beberapa karakteristik dari kelas sosial yaitu: pertama, orang-orang yang berada dalam masing-masing kelas cenderung mempunyai kemiripan dalam cara berpakaian, pola bicara dan preferensi rekreasional dibandingkan dari kelas sosial yang berbeda. Kedua, orang dianggap menduduki posisi lebih rendah atau tinggi menurut kelas sosial. Ketiga, kelompok variabel misalnya tingkat pendidikan, pekerjaan, pendapatan, pengeluaran dan gaya hidupnya serta orientasi nilai mengindikasikan kelas sosial. Keempat, kelas sosial seseorang dalam tangga kelas sosial dapat bergerak naik atau turun sepanjang hidup mereka.
Metode Penelitian
Populasi dan Sampel
            Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang di daerah Tambak Bayan yang sudah membaca dan membeli salah satu ataupun semua dari empat jenis Surat kabar yaitu: Harian Jogja, Bernas Jogja, Kedaulatan Rakyat dan Kompas. Sampel dari penelitian ini adalah 40 responden yang dikumpulkan secara acak.
Waktu dan Lokasi Penelitian
            Penelitian ini dilakukan selama dua hari yaitu tanggal 14-15 April 2015. Lokasi penelitian ini yaitu di daerah Tambak Bayan-Babarsari.
Sumber Data
            Dalam penelitian ini, ada dua jenis sumber data yaitu sumber data primer yakni data yang langsung diperoleh dari lapangan melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder yaitu data yang diperoleh di perpustakaan (buku dan jurnal) serta melalui sumber informasi digital (internet).
Teknik Pengumpulan Data
            Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui kuesioner. Kuesioner diberikan kepada responden kemudian mereka diberikan kesempatan untuk mengisi kuesioner tersebut.
Teknik Analisis Data
            Data yang sudah dikumpulkan melalui teknik kuesioner selanjutnya dianalisis menggunakan program IBM SPSS.
Hasil dan Pembahasan
Profil Responden
            Profil responden dalam penelitian ini dikelompokan berdasarkan umur dan jenis kelamin.
1.      Profil Responden Berdasarkan Usia
No
Rentang Usia
Jumlah
1
18-23 Tahun
14 orang
2
24-29 Tahun
10 orang
3
>29 Tahun
16 orang
2.      Profil Responden Berdasarkan Jenis Kelamin
No
Jenis Kelamin
Jumlah
1
Laki-Laki
30 orang
2
Perempuan
10 orang

Kelas Sosial

1.      Pendapatan Per Bulan


Dari diagram di atas, dapat dilihat prosentase pendapatan dari para responden per bulan. Secara umum, pendapatan dari responden antara 500-750 ribu sebesar50%, 750 ribu-1 juta sebanyak 32% dan di atas 1 juta sebanyak 18%.
1.      Pendidikan
Dari diagram di atas, kebanyakan responden berpendidikan S1 sebanyak 60%, SMA sebanyak 15% dan S2 sebanyak 25%.
1.      Pekerjaan
Dari diagram di atas, kebanyakan responden bekerja sebagai mahasiswa sebanyak 47% dan diikuti oleh responden yang berprofesi sebagai pegawai swasta sebanyak 30% dan sebagai pegawai negeri sebanyak 23%.
Surat kabar yang Sering Dibeli
Dari diagram di atas, dapat dilihat bahwa surat kabar yang paling banyak dibeli oleh konsumen adalah Kedaulatan Rakyat sebanyak 42%, Harian Jogja35%,TribunJogja 15% dan Kompas8% 
Frekuensi Pembelian Surat Kabar per Minggu
Dari diagram di atas, kebanyakan responden sering dan bahkan sudah menjadi pelanggan surat kabar per minggu sebanyak 58%, kadang-kadang 38% dan Jarang 4%.
Faktor Yang MempengaruhiKonsumendalam Memilih Surat Kabar
Dari diagram di atas, dapat dilihat bahwa secara umum responden memilih surat kabar karena pengaruh kelompokreferensi42%, tingkatpendapatan35% dankebutuhan informasi23%.
Pertimbangan Dalam Memilih Surat Kabar
Pertimbangan yang paling besar dalam membeli surat kabar adalah harga 45%,isi dan kualitas informasi 30% serta tampilan cover dan gambar 25
Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis, dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut:
1.      Konsumen surat kabar berdasarkan Jenis Kelamin di daerah Tambak Bayan didominasi oleh kaum laki-laki.
2.      Secara umum, konsumen surat kabar di daerah Tambak Bayan tergolong dalam kelas sosial rendah.
3.      Surat kabar yang paling sering dibeli adalah Keadaulatan Rakyat
4.      Faktor yang mempengaruhi responden dalam mengkonsumsi surat kabar adalah adanya faktor pengaruh dari Kelompok Referensi.
5.      Pertimbangan yang paling banyak digunakan oleh konsumen dalam membeli surat kabar adalah harga.

DaftarPustaka
Amri,Khairul,Juni2013,“Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Surat Kabar Harian Serambi Indonesia di Kota Banda Aceh”.Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis. Vol.1 No.1
Enggel, James F. Roger Blackwell and Miniard (2004)  Perilaku Konsumen, Binapura Aksara, Jakarta.
Kotler, Philip dan Amstrong (2001)  Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid I, Erlangga,
Jakarta.
Winardi(2001)  Marketing dan Perilaku Konsumen, Mandar Maju, Jakarta.



Nama: Epifanius Solanta
NPM: 131005077
  









Tidak ada komentar:

Posting Komentar