Selasa, 02 Juni 2015

LAPORAN PENELITIAN: PERILAKU PEMBELI DAN PENJUAL DI PASAR KLITIKAN-YOGYAKARTA

Pendahuluan
            Perkembangan arus globalisasi yang sangat pesat dan berlangsung dalam jangka waktu yang begitu cepat berimplikasi pada seluruh dimensi kehidupan manusia. Salah satu dampaknya adalah perubahan pola perilaku. Akses untuk mendapatkan berbagai macam kebutuhan pokok sudah semakin mudah. Hal ini tidak terlepas dari kemajuan dalam bidang infrastruktur.
            Pasar seringkali diartikan sebagai tempat pertemuan antara penjual dan pembeli. Dimana dalam pertemuan tersebut terjadi suatu interaksi sosial dalam bentuk tawar menawar barang. Tiga aktor penting yaitu produsen, distributor dan konsumen biasanya selalu saling berhubungan satu sama lain untuk mencapai tujuan yang sifatnya komplementer (saling melengkapi).
Pasar Klitikan merupakan salah satu pasar tradisional yang terdapat di Yogyakarta. Pasar ini dihuni oleh para penjual yang menjual berbagai macam jenis barang. Berdasarkan pengamatan peneliti di lapangan, para pembeli pun berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Hal ini dibuktikan lewat wawancara yang dilakukan oleh peneliti di pasar Klitikan.
            Fokus utama dari penelitian ini adalah tentang alasan dari penjual dan pembeli memilih pasar Klitikan sebagai tempat untuk menjual dan membeli barang. Faktor-faktor apa saja yang melatar belakangi para penjual dan pembeli untuk berinteraksi secara langsung di pasar Klitikan.
Metode Penelitian
            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data yaitu teknik wawancara. Peneliti mengumpulkan data menggunakan instrumen wawancara.
Waktu dan Tempat Penelitian
            Penelitian ini dilakukan pada tanggal 31 Mei 2015 bertempat di Pasar Klitikan Jl.HOS Cokroaminoto No.34, Kuncen, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Subyek Penelitian
            Subyek dari penelitian ini adalah penjual dan pembeli di Pasar Klitikan. Peneliti hanya mewawancarai 3 orang informan dengan rincian satu orang penjual dan dua orang pembeli.
Hasil Penelitian
a.      Identitas Informan
-          Nama: Mas Budi
-          Usia 24 Tahun
-          Status: Penjual
-          Nama: Pak Hartono
-          Usia: 30 Tahun
-          Status: Pembeli
-          Nama: Ibu Try
-          Usia: 28 Tahun
-          Status: Pembeli
b.      Jawaban Informan
No
Nama Informan
Jawaban Informan
1
Mas Budi
Saya berjualan di tempat ini sejak tahun 2012. Saya menyewa tempat ini per tahun. Barang yang saya perjualkan adalah baju dan celana dari berbagai macam merk. Saya memilih pasar Klitikan sebagai tempat menjual barang karena ada informasi dari teman-teman tentang pasar Klitikan. Kata mereka pasar klitikan itu ramai dan selalu banyak pengunjungnya. Barang-barang ini saya dapatkan dari teman saya yang tinggal di Jakarta. Dia menyuruh saya untuk berjualan di daerah Yogyakarta. Seringkali saya mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan para pembeli. Harus butuh kesabaran untuk melakukan tawar-menawar barang.
2
Pak Hartono
Saya seringkali berbelanja di sini. Alasan utama saya memilih pasar Klitikan sebagai tempat membeli barang karena akses (letak geografis) yang dekat dengan rumah saya. Selain itu, barang-barang yang diperjual belikan di tempat ini harganya tidak terlalu mahal. Sistem tawar menawar menjadi salah satu faktor penarik bagi saya untuk terus berbelanja di tempat ini. Jika saya berbelanja di Indomaret atau di mall, tentu saja saya tidak dapat melakukan tawar-menawar karena harga yang sudah tertera pada barang sifatnya mutlak dan tidak bisa ditawar lagi.
3
Ibu Try
Aku sering belanja di tempat ini mas. Biasanya kalau menjelang lebaran itu aku sering ke sini. Di sini harga barangnya murah terus kita bisa melakukan tawar-menawar. Selain itu, aku juga sudah mempunyai langganan khusus di tempat ini. Jadi setiap kali aku ke sini langsung bertemu dengan dia. Memang secara geografis akses dari rumahku ke tempat ini lumayan jauh. Tetapi karena ada banyak kemudahan di tempat ini, makanya aku tetap memilih tempat ini sebagai tempat untuk membeli berbagai macam kebutuhan rumah tangga.
Sumber: Hasil wawancara Minggu 31 Mei 2015 di Pasar Klitikan

Penutup
            Dari jawaban informan dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
a.       Penjual memilih untuk menjual barangnya di pasar Klitikan karena jumlah pengunjungnya banyak
b.      Barang yang diperjual belikan bermacam-macam

c.       Pembeli memilih untuk membeli barang di Pasar Klitikan karena ada proses tawar menawarnya serta harga barangnya sangat kompetitif.


Oleh: Epifanius Solanta
NPM: 131005077

Tidak ada komentar:

Posting Komentar