Pendahuluan
Salah satu kebutuhan manusia adalah
informasi. Untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut, ada banyak cara yang
dilakukan. Saat ini, di tengah arus globalisasi yang semakin kuat banyak cara
yang menawarkan kemudahan bagi manusia untuk dapat mengakses informasi. Ada
yang menggunakan jasa internet untuk mengakses berbagai macam informasi untuk
kepentingan tertentu. Namun tidak dapat dipungkiri juga banyak orang yang
bepergian ke toko buku walaupun sudah banyak media online yang untuk pemenuhan
kebutuhan informasi dan pengetahuan.
Social
Agency merupakan salah satu toko buku yang terdapat di Yogyakarta. Hadirnya
toko buku ini tentu saja memberikan kemudahan bagi orang-orang yang tinggal di
Yogyakarta untuk mendapatkan buku yang diinginkan. Hal ini juga didukung oleh
identitas kota Yogyakarta sebagai kota pelajar. Penelitian ini ingin mengkaji
tentang identitas sosial dari para pengunjung di toko buku Social Agency. Melalui penelitian ini, pihak toko buku bisa
mengetahui identitas dari pengunjung dan jenis buku yang sering dibeli oleh
para pengunjung. Adapun indikator dari identitas sosial yaitu alamat, status,
frekuensi mengunjungi toko buku dan frekuensi membaca buku.
Metode Penelitian
Populasi dan Sampel
Populasi
dari penelitian ini adalah seluruh pengunjung di Toko Buku Social Agency sedangkan sampelnya yaitu sebanyak 50 orang yang
diambil secara acak.
Waktu dan Lokasi Penelitian
Penelitian
ini dilakukan pada Minggu, 3 Mei 2015 di Toko Buku Social Agency- Jl.Solo-Yogyakarta
Sumber Data
Data diperoleh langsung dari
lapangan melalui penyebaran kuesioner.
Teknik Pengumpulan Data
Teknik yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah melalui kuesioner. Kuesioner diberikan kepada responden
kemudian mereka diberikan kesempatan untuk mengisi kuesioner tersebut.
Teknik Analisis Data
Data yang sudah dikumpulkan
melalui teknik kuesioner selanjutnya dianalisis menggunakan program IBM SPSS.
Analisis dan Pembahasan
1.
Responden
Berdasarkan Jenis Kelamin
Dari
diagram di atas, jumlah responden berjenis kelamin laki-laki sebanyak 21 orang
atau setara dengan 42% sedangkan jumlah responden berjenis kelamin perempuan
sebanyak 29 orang atau setara dengan 58%.
Alamat Responden
Dari
diagram di atas, dapat dilihat bahwa jumlah responden yang berasal dari DIY sebanyak
8 orang atau setara dengan 17%, luar DIY tetapi masih di Jawa sebanyak 13 orang
atau setara dengan 28% dan dari luar Jawa sebanyak 29 orang atau setara dengan
58%.
1.
Pekerjaan
Dari
diagram di atas, dapat diketahui bahwa pekerjaan responden sebagai PNS sebanyak
12 orang atau setara dengan 24%, pegawai swasta sebanyak 6 orang atau setara
dengan 12 % dan pelajar/mahasiswa sebanyak 32 orang atau setara dengan 64%.
1.
Frekuensi
Mengunjungi Toko Buku dalam seminggu
Dari
diagram di atas, dapat diketahui bahwa frekuensi orang yang mengunjungi toko
buku Social Agency satu kali dalam
seminggu sebanyak 12 orang atau setara dengan 24%, dua kali dalam seminggu
sebanyak 14 orang atau setara dengan 28% dan lebih dari dua kali dalam seminggu
sebanyak 24 orang atau setara dengan 48%.
Kesimpulan
Dari
data yang diperoleh peneliti selama melakukan penelitian di Toko Buku Social Agency dapat disimpulkan sebagai
berikut:
1.
Secara umum, jumlah
pengunjung di Toko Buku Social Agency berdasarkan
jenis kelamin didominasi oleh perempuan.
2.
Responden yang
mengunjungi toko buku kebanyakan berstatus sebagai mahasiswa.
3.
Responden pada umumnya
berasal dari luar Jawa.
131005077
Tidak ada komentar:
Posting Komentar