Selasa, 05 Mei 2015

Analisa Identitas Sosial Para Pengunjung Toko Buku Social Agency



Pendahuluan
            Salah satu kebutuhan manusia adalah informasi. Untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut, ada banyak cara yang dilakukan. Saat ini, di tengah arus globalisasi yang semakin kuat banyak cara yang menawarkan kemudahan bagi manusia untuk dapat mengakses informasi. Ada yang menggunakan jasa internet untuk mengakses berbagai macam informasi untuk kepentingan tertentu. Namun tidak dapat dipungkiri juga banyak orang yang bepergian ke toko buku walaupun sudah banyak media online yang untuk pemenuhan kebutuhan informasi dan pengetahuan.
            Social Agency merupakan salah satu toko buku yang terdapat di Yogyakarta. Hadirnya toko buku ini tentu saja memberikan kemudahan bagi orang-orang yang tinggal di Yogyakarta untuk mendapatkan buku yang diinginkan. Hal ini juga didukung oleh identitas kota Yogyakarta sebagai kota pelajar. Penelitian ini ingin mengkaji tentang identitas sosial dari para pengunjung di toko buku Social Agency. Melalui penelitian ini, pihak toko buku bisa mengetahui identitas dari pengunjung dan jenis buku yang sering dibeli oleh para pengunjung. Adapun indikator dari identitas sosial yaitu alamat, status, frekuensi mengunjungi toko buku dan frekuensi membaca buku.
Metode Penelitian
Populasi dan Sampel
            Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengunjung di Toko Buku Social Agency sedangkan sampelnya yaitu sebanyak 50 orang yang diambil secara acak.
Waktu dan Lokasi Penelitian
            Penelitian ini dilakukan pada Minggu, 3 Mei 2015 di Toko Buku Social Agency- Jl.Solo-Yogyakarta
Sumber Data
            Data diperoleh langsung dari lapangan melalui penyebaran kuesioner.
Teknik Pengumpulan Data
            Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui kuesioner. Kuesioner diberikan kepada responden kemudian mereka diberikan kesempatan untuk mengisi kuesioner tersebut.
Teknik Analisis Data
            Data yang sudah dikumpulkan melalui teknik kuesioner selanjutnya dianalisis menggunakan program IBM SPSS.


Analisis dan Pembahasan
1.      Responden Berdasarkan Jenis Kelamin
  

Dari diagram di atas, jumlah responden berjenis kelamin laki-laki sebanyak 21 orang atau setara dengan 42% sedangkan jumlah responden berjenis kelamin perempuan sebanyak 29 orang atau setara dengan 58%.

Alamat Responden






















 



    Dari diagram di atas, dapat dilihat bahwa jumlah responden yang berasal dari DIY sebanyak 8 orang atau setara dengan 17%, luar DIY tetapi masih di Jawa sebanyak 13 orang atau setara dengan 28% dan dari luar Jawa sebanyak 29 orang atau setara dengan 58%.
 
1.      Pekerjaan
























      Dari diagram di atas, dapat diketahui bahwa pekerjaan responden sebagai PNS sebanyak 12 orang atau setara dengan 24%, pegawai swasta sebanyak 6 orang atau setara dengan 12 % dan pelajar/mahasiswa sebanyak 32 orang atau setara dengan 64%.

1.      Frekuensi Mengunjungi Toko Buku dalam seminggu

  





















Dari diagram di atas, dapat diketahui bahwa frekuensi orang yang mengunjungi toko buku Social Agency satu kali dalam seminggu sebanyak 12 orang atau setara dengan 24%, dua kali dalam seminggu sebanyak 14 orang atau setara dengan 28% dan lebih dari dua kali dalam seminggu sebanyak 24 orang atau setara dengan 48%.

Kesimpulan
            Dari data yang diperoleh peneliti selama melakukan penelitian di Toko Buku Social Agency dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.      Secara umum, jumlah pengunjung di Toko Buku Social Agency berdasarkan jenis kelamin didominasi oleh perempuan.
2.      Responden yang mengunjungi toko buku kebanyakan berstatus sebagai mahasiswa.
3.      Responden pada umumnya berasal dari luar Jawa.
131005077

Tidak ada komentar:

Posting Komentar