A.
Introduksi
Pasar mobil yang berada di Yogyakarta ini
menyimpan keunikan tersendiri, yaitu dimana produk yang dijual merupakan
berbagai jenis dan merk mobil yang statusnya adalah mobil “second” atau mobil
bekas, namun masih berkualitas. Dari berbagai jenis dan merk mobil yang ada di
pasar ini, peneliti tertarik untuk mengambil fokus kepada satu mobil, yaitu
Honda Jazz. Alasan mengapa peneliti tertarik untuk mengambil fokus kepada mobil
ini sebab Honda Jazz merupakan salah satu mobil yang banyak diminati oleh
masyarakat karena memiliki desain yang menarik, minimalis dan nyaman untuk
dikendarai. Selain itu pula, peneliti tertarik untuk mengetahui apakah ada perbedaan
harga antara beberapa penjual yang menyediakan mobil Honda Jazz dan apa saja
faktor yang membuat harga dari mobil Honda Jazz ini berbeda di pasar tersebut.
B.
Tujuan Penelitian
Wawancara yang dilakukan di pasar mobil
ini yaitu bertujuan mengetahui faktor-faktor yang membedakan harga mobil Honda
Jazz berdasarkan dua tipe penjual mobil. Yaitu, penjual mobil di bagian dalam
pasar dengan penjual mobil yang ada di bagian luar pasar.
C.
Rumusan Masalah
Faktor-faktor apa saja yang membedakan
harga mobil Honda Jazz berdasarkan dua tipe penjual mobil. Yaitu, penjual mobil
di bagian dalam pasar dengan penjual mobil yang ada di bagian luar pasar?
D.
Karakteristik Narasumber
Metode
penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif, dimana data yang
dikumpulkan berupa faktor-faktor yang mendasari penjual mobil dalam menentukan
harga mobil. Narasumber yang diwawancarai sebanyak dua orang penjual mobil,
yang terdiri dari penjual mobil di bagian dalam pasar (di dalam halaman TVRI)
dan penjual mobil di bagian luar pasar (di bahu jalan raya depan TVRI), yang
dimana setiap dari penjual ini menjual mobil Honda Jazz.
E.
Waktu & Tempat Pelaksanaan
Penelitian
Hari
Minggu, tanggal 30 Mei 2015, jam 10.00 – 12.00 WIB. Pasar Mobil, Jl. Magelang km 5, Sindudadi, Yogyakarta.
F.
Pokok Pembahasan
Berdasaarkan
data yang diperoleh dari wawancara, salah satu faktor yang mendasari penjual
mobil pada bagian dalam maupun luar pasar yaitu faktor tahun pembelian mobil
dari dealer. Dengan anggapan, semakin dekat jenjang waktu antara tahun
pembelian mobil dengan tahun penjualan mobil maka kualitas dan kondisi fisik
mobil masih terjamin. Berdasarkan data yang diperoleh, penjual mobil pada
bagian dalam pasar menjual mobil Honda Jazz yang dibelinya dari dealer pada
tahun 2011 dan dijualnya pada tahun 2015, sehingga hal ini yang mendasrai
penjual untuk menetapkan harga mobil Honda Jazz dengan jumlah
Rp.183.000.000.00. Sedangkan penjual mobil pada bagian luar pasar membeli mobil
Honda Jazz pada tahun 2010 lalu dijualnya pada tahun 2015 dengan harga
Rp.180.000.000.00.
Namun,
faktor tahun dari suatu mobil bukanlah satu-satunya faktor atau bukan faktor
mutlak yang mempengaruhi penjual mobil baik di bagian dalam maupun luar pasar mobil
yang menjual Honda Jazz dalam menentukan harga mobil. Tetapi berdasarkan data
yang diperoleh, terdapat faktor lainnya, yaitu faktor identitas konsumen. Konsumen
yang membeli mobil Honda Jazz kepada penjual mobil di bagian dalam pasar,
didominasi oleh komsumen yang telah berkeluarga. Penjual ini mengasumsikan
bahwa konsumen yang telah berkeluarga adalah konsumen yang memiliki pekerjaan
dan memiliki penghasilan pribadi. Sehubungan denga hal itu lah yang mendorong
penjual untuk menentukan harga yang sedikti lebih tinggi dari penjual mobil di
bagian luar pasar, dengan jumlah Rp.183.000.000.00. Sedangkan konsumen yang
membeli Honda Jazz kepada penjual di bagian luar pasar di dominasi oleh anak
muda. Hal ini diasumsikan oleh penjual mobil tersebut bahwa anak muda pada
umumnya memperoleh biaya dari orang tuanya dan tidak memiliki pendapatan
pribadi, sehingga dihawatirkan karena persoalan itu mereka membatalkan minatnya
untuk membeli mobil pada penjual tersebut. Jadi, untuk menarik minat konsumen
dalam membeli mobil Honda Jazz yang dijualnya, penjual pun menetapkan harga
yang lebih murah dari penjual mobil di bagian dalam pasar, dengan jumlah
Rp.180.000.000.00.
Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di
pasar mobil Yogyakarta, dapat disimpulkan bahwa penjual mobil bagian dalam
maupunn bagian luar pasar dalam menentukan harga mobil khususnya Honda Jazz, didasari
oleh faktor tahun dari mobil tersebut dan identitas sosial dari konsumen yang
berminat membeli mobil Honda Jazz.
Gerry Gregorian
(131005142)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar