Selasa, 02 Juni 2015

Faktor-Faktor Yang Mendasari Penjual Dalam Menentukan Harga Mobil di Pasar Mobil, Yogyakarta



A. Introduksi
      Pasar mobil yang berada di Yogyakarta ini menyimpan keunikan tersendiri, yaitu dimana produk yang dijual merupakan berbagai jenis dan merk mobil yang statusnya adalah mobil “second” atau mobil bekas, namun masih berkualitas. Dari berbagai jenis dan merk mobil yang ada di pasar ini, peneliti tertarik untuk mengambil fokus kepada satu mobil, yaitu Honda Jazz. Alasan mengapa peneliti tertarik untuk mengambil fokus kepada mobil ini sebab Honda Jazz merupakan salah satu mobil yang banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki desain yang menarik, minimalis dan nyaman untuk dikendarai. Selain itu pula, peneliti tertarik untuk mengetahui apakah ada perbedaan harga antara beberapa penjual yang menyediakan mobil Honda Jazz dan apa saja faktor yang membuat harga dari mobil Honda Jazz ini berbeda di pasar tersebut.

B. Tujuan Penelitian
      Wawancara yang dilakukan di pasar mobil ini yaitu bertujuan mengetahui faktor-faktor yang membedakan harga mobil Honda Jazz berdasarkan dua tipe penjual mobil. Yaitu, penjual mobil di bagian dalam pasar dengan penjual mobil yang ada di bagian luar pasar.

C. Rumusan Masalah
      Faktor-faktor apa saja yang membedakan harga mobil Honda Jazz berdasarkan dua tipe penjual mobil. Yaitu, penjual mobil di bagian dalam pasar dengan penjual mobil yang ada di bagian luar pasar?

D. Karakteristik Narasumber
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif, dimana data yang dikumpulkan berupa faktor-faktor yang mendasari penjual mobil dalam menentukan harga mobil. Narasumber yang diwawancarai sebanyak dua orang penjual mobil, yang terdiri dari penjual mobil di bagian dalam pasar (di dalam halaman TVRI) dan penjual mobil di bagian luar pasar (di bahu jalan raya depan TVRI), yang dimana setiap dari penjual ini menjual mobil Honda Jazz.
  
 E. Waktu & Tempat Pelaksanaan Penelitian
Hari Minggu, tanggal 30 Mei 2015, jam 10.00 – 12.00 WIB. Pasar Mobil, Jl. Magelang km 5, Sindudadi, Yogyakarta.

F. Pokok Pembahasan
Berdasaarkan data yang diperoleh dari wawancara, salah satu faktor yang mendasari penjual mobil pada bagian dalam maupun luar pasar yaitu faktor tahun pembelian mobil dari dealer. Dengan anggapan, semakin dekat jenjang waktu antara tahun pembelian mobil dengan tahun penjualan mobil maka kualitas dan kondisi fisik mobil masih terjamin. Berdasarkan data yang diperoleh, penjual mobil pada bagian dalam pasar menjual mobil Honda Jazz yang dibelinya dari dealer pada tahun 2011 dan dijualnya pada tahun 2015, sehingga hal ini yang mendasrai penjual untuk menetapkan harga mobil Honda Jazz dengan jumlah Rp.183.000.000.00. Sedangkan penjual mobil pada bagian luar pasar membeli mobil Honda Jazz pada tahun 2010 lalu dijualnya pada tahun 2015 dengan harga Rp.180.000.000.00.
Namun, faktor tahun dari suatu mobil bukanlah satu-satunya faktor atau bukan faktor mutlak yang mempengaruhi penjual mobil baik di bagian dalam maupun luar pasar mobil yang menjual Honda Jazz dalam menentukan harga mobil. Tetapi berdasarkan data yang diperoleh, terdapat faktor lainnya, yaitu faktor identitas konsumen. Konsumen yang membeli mobil Honda Jazz kepada penjual mobil di bagian dalam pasar, didominasi oleh komsumen yang telah berkeluarga. Penjual ini mengasumsikan bahwa konsumen yang telah berkeluarga adalah konsumen yang memiliki pekerjaan dan memiliki penghasilan pribadi. Sehubungan denga hal itu lah yang mendorong penjual untuk menentukan harga yang sedikti lebih tinggi dari penjual mobil di bagian luar pasar, dengan jumlah Rp.183.000.000.00. Sedangkan konsumen yang membeli Honda Jazz kepada penjual di bagian luar pasar di dominasi oleh anak muda. Hal ini diasumsikan oleh penjual mobil tersebut bahwa anak muda pada umumnya memperoleh biaya dari orang tuanya dan tidak memiliki pendapatan pribadi, sehingga dihawatirkan karena persoalan itu mereka membatalkan minatnya untuk membeli mobil pada penjual tersebut. Jadi, untuk menarik minat konsumen dalam membeli mobil Honda Jazz yang dijualnya, penjual pun menetapkan harga yang lebih murah dari penjual mobil di bagian dalam pasar, dengan jumlah Rp.180.000.000.00.

Kesimpulan
      Berdasarkan penelitian yang dilakukan di pasar mobil Yogyakarta, dapat disimpulkan bahwa penjual mobil bagian dalam maupunn bagian luar pasar dalam menentukan harga mobil khususnya Honda Jazz, didasari oleh faktor tahun dari mobil tersebut dan identitas sosial dari konsumen yang berminat membeli mobil Honda Jazz.

Gerry Gregorian
(131005142) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar